Tuesday 22 December 2015

Panduan KRS UIN Malang

Di UIN Malang, kalau mahasiswa sudah mulai masuk semester 2 maka semua matakuliah harus mereka program sendiri, baik itu jam masuknya maupun dosennya, istilah lainnya adalah merancang KRS (Kartu Rencana Studi). Keuntungannya adalah mereka bisa bebas memilih jam sesuai keinginan mereka dan dosen yang mereka sukai. Namun dalam melakukan input matakuliah ini, mereka tentunya akan berlomba-lomba dengan teman kita karena kuota kelas juga terbatas, maka mau tidak mau mereka harus begadang menunggu start waktu pemograman matakuliah sehingga apa yang akan mereka input itu sesuai dengan keinginan mereka.
Ketika memprogram matakuliah, sebenarnya bekal utamanya hanya kecerdikan dan tentunya tepat waktu karena saya juga mengalaminya tiap semester. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika waktu KRS-an tiba

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan ketika pemograman matakuliah:

1. Rancanglah dulu mata kuliah, jam serta dosen matakuliah tersebut sebelum kita memasukkannya ke dalam siakad, hal ini bertujuan untuk mendapatkan jam serta dosen sesuai kehendak kita, jadi ketika peng-input-an matakuliah kita tinggal memilih sebagaimana di rancangan kita.

2. Stand By menunggu datangnya waktu KHS sesuai yang tertera di kalender akademik (Jika tertera Hari Rabu maka kita harus menunggu sampai Hari Rabu tiba yaitu pukul 00:00, jika telat sedikit saja maka ada kemungkinan teman kita yang akan mendapatkan kelas kita).

3. Setelah waktunya tiba maka masuklah ke situs siakad.uin-malang.ac.id dan masuklah sesuai NIM (Nomor Induk Mahasiswa) anda dan Password baru anda yang anda dapatkan dari pembayaran SPP di  Bank yang telah ditentukan. Pilih level "mahasiswa" dan centanglah kolom "Saya Bukan Robot" lalu klik "Login"



4. Setelah berhasil masuk, maka anda akan melihat menu sebagaimana berikut

klik pilihan "KRS" dan anda akan mendapati banyak sekali matakuliah yang ditawakan. Centanglah matakuliah, dosen serta jamnya sesuai apa yang kita rancang sebelumnya. Setelah semua matakuliah yang kita inginkan sudah kita centang maka klik "Cetak KPS" yang ada di bawah.

5. Jika kita mendapatkan peringatan bahwa salah satu matakuliah sudah penuh, maka itu tandanya kita terlambat memilih kelas dengan dosen tersebut, tapi jangan khawatir, masih ada matakuliah yang sama tapi dengan dosen dan jam yang berbeda.

6. Jika kita tidak mendapatkan peringatan apapun, maka jadwal kuliah baru kita sudah siap cetak untuk dikirim ke Fakultas masing-masing. Tinggal klik kanan pada mouse dan save pada hard disk atau flash disk kalian masing-masing.

Begitulah kurang lebihnya cara menginput program matakuliah yang ada di kampus UIN Malang. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan silahkan tanya di kolom komentar

3 comments:

  1. Blog Kakak Garing , kurang sekali wawasan , coba dech baca baca artikel di sini, pasti artikelnya tambah oke. Biar hidup dan enak di baca gampang di cerna . Tidak formal begini . Contoh Blog saya ini
    Majalah Aneh Dan Unik . Berisi tentang semua yang aneh dan unik dari seluruh dunia , misalnya ....
    Inilah 5 Tanda Kematian yang Pernah Terjadi Harus Di Baca Sekarang Inilah 7 Pilot Tercantik di Indonesia, Penasaran? Harus Di Baca Sekarang Inilah Bahaya Duduk Berbentuk Seperti Huruf "W" Harus Di Baca Sekarang Inilah Kebenaran Sendal Jepit yg Banyak Tidak tahu Harus Di Baca Sekarang Inilah Kebenaran Video Pocong Yang Resahkan Warga Kampung Jawa Harus Di Baca Sekarang Inilah Kisah Rahasia Dibalik Gerbang Neraka Turkmenistan Harus Di Baca Sekarang Inilah Lokasi di Indonesia Yang Terkenal Sebagai Tempat Pesugihan Harus Di Baca Sekarang Inilah Nama Kota Tanpa Huruf Vokal yang Buat Lidah Keseleo Harus Di Baca Sekarang Inilah Negara Paling Ditakuti ISIS yg Akan Buat Anda Terkejut Harus Di Baca Sekarang Inilah Penghargaan Nobel Terburuk yang Pernah Ada? Harus Di Baca Sekarang Inilah Wajah Pemeran Titanic Setelah 18 Tahun Berlalu

    Paling Penting
    Majalah Ilmu Kesaktian

    ReplyDelete
  2. Atas ane malah ngirim link....

    ReplyDelete